Monday, December 1, 2014

married (part 2)

resepsi (18 Oktober 2014)
saya memilih menikah menggunakan adat Jawa bukan tanpa alasan. tapi karena memang saya pikir 1 hal.. menikah adalah hal yang sakral, sekali seumur hidup.. kapan lagi bisa menggunakan paes ageng jika tidak saat menikah? well oke. Bismillah, seluruh runtutan acara pernikahan saya pun menggunakan adat Jawa. Mulai dari Lamaran (Maret 2014) menyerahkan peningset dan tukar cincin; Pengajian (17 Oktober Siang); Siraman, Dawetan, dan Tumpengan (17 Oktober 2014 Sore); Midodareni (17 Oktober 2014 Malam); Akad Nikah (18 Oktober 2014 Pagi); Temu Manten, Panggih, dan Bubak Kawah (1 jam setelah akad nikah); Resepsi dan Syukuran (18 Oktober 2014 Malam).
Rangkaian acara saya memang cukup banyak namun Alhamdulillah semua berjalan lancar. Ada beberapa tips teknis yang mau saya bagikan disini mungkin untuk calon pengantin:
1. mencari vendor pernikahan dari jauh hari.
believe it or not.. ini penting supaya kesannya "ga asal pilih". Kebanyakan orang-orang asal booking dan kasih DP karena anti ribet dan keburu mepet waktu hari-H. Pakai wedding organizer bisa jadi pilihan, tapi for info aja, kadang pake WO hasilnya ga memuaskan. Saya hampir pake WO dari Sonokem*ang enterprise, pas dikirimin proposal, langsung balik arah mending cari vendor sendiri, meskipun itu artinya harus ke pameran wedding lebih dari 6 kali. hahaha.
2. cari vendor yang bagus dan sudah terpercaya 
ada banyak cara untuk mengetahui itu vendor bagus atau tidak. one thing should be noted: yang terkenal belum tentu bagus ke semua orang, dan yang mahal belum tentu profesional. Coba cari di internet rekomendasi yang bagus dari tiap orang, atau saat main ke kantornya ditanyakan secara jeli. Nanti bakal terlihat kok mana yang memang bagus dan mana yang kurang bagus.
3.UNDANGAN
ini perlu dilakuin 5 bulan sebelumnya. Percayalah saya dan keluarga ngurus undangan 3bulan, mulai nge-list, misahkan per grup, eliminasi dari yang ada di grup yg double, nyebarin, dan masih ada teman2 baik dari papa mama ataupun teman dekat saya yang ga keundang. maafkan..
4. bentuk panitia
terutama untuk yang tidak menggunakan WO, saya sarankan membentuk panitia yang terdiri dari teman-teman terdekat. Saya yakin dengan terlibatnya teman2, maka acara juga lebih meriah karena merasa memiliki acara. Rasanya senang sekali saat teman-teman saya mau membantu serangkaian acara, gatau gimana jadinya tanpa saudara dari mama, teman2 saya dan teman2 dekat orangtua saya.. mungkin saya sudah stres sendiri :))
5. buat panduan acara
ini dibagikan kepada vendor2 maupun panitia sehingga semua bisa tahu langkah serangkaian acara apa saja.. dengan adanya buku ini sangat membantu agar acara lebih tertata dan tanpa adanya panitia yg over duty. semua dibagi rata dan jelas tugasnya di buku tsb.
6. minta surat perjanjian (MOU) di setiap vendor
ini wajib.. mau disediakan atau tidak, ini harus ada. kalau memang tidak disediakan, sebaiknya dibuat sendiri. Awalnya saya anggap remeh, tapi ternyata ada vendor yang "nakal" dan pas hari-H tidak sesuai MOU. Mau ganti rugi juga udah dibayar full, mau nagih juga ga ada mou, ini sedih banget. Tapi Alhamdulillah acara lancar dan rame.. jadi ga ada perasaan kecewa soalnya uda diganti Allah sama ganti yg lebih baik.. 

well. ada beberapa bocoran vendor yang menurut saya sangat recommended. yaitu:
a. Catering Ibu (rungkut, Surabaya)
pelayanan memuaskan, masakan uenak, harga sesuai rasa (tidak mahal tidak murah, pas), dekorasi cantik, bonus juga cukup banyak.
b. DreamGate Photo Booth (karangasem, Surabaya)
untuk yang mau cari photo corner saat wedding, asli ini rekom banget.. profesional dan hasilnya bagus.. dia bisa menyesuaikan walaupun backdrop foto waktu itu (harus saya akui) jelek.. tapi hasil foto dia bisa rapi.
c. Biios Photo and Video (Rungkut, Surabaya)
ini lumayan bagus.. budget bisa diatur tapi sebagai bocoran aja, hasil fotonya bagus-bagus, dan videonya buagus.
d. Best Friends Project (Ketintang, Surabaya)
ini buat band saya pake ini. Lumayan oke karena saya emang suka jazz :)

well.. i think thats enough for me.
menyiapkan pernikahan adalah hal ruwet yang paling membahagiakan menurut saya :)
good luck everyone!

1 comment:

SiapaSayaSiapaAnda said...

ga ada hasil detail foto nya nih?? :)