Thursday, April 9, 2015

pregnancy part 1

 Bulan Januari 2015 adalah liburan semester genap. Alhamdulillah dapat libur 1 bulan dan bisa saya gunakan untuk pulang ke Bogor, mengikuti suami. Awalnya, sejujurnya di awal saya bosan. Suami saya kerja mulai pukul 8-5 sore, lalu ia tiba dirumah sekitar jam setengah 6 lebih, dan harus kembali kuliah (ia mengambil kuliah S2 malam) dari jam 7-10 malam. Sempat stres juga di awal, hingga saya menemukan hobby baru.. berkreasi masakan. Mencoba resep makanan baru, membuat aneka kreasi kue dan jajanan, tentunya semua tanpa MSG dan tepung instan. Lumayan, saya sajikan saat suami pulang kantor bersama dengan teh hangat. Saya sangat menikmati kegiatan saya, hingga pertengahan Januari keluarga saya berkunjung main ke Bogor. Saya merasa aneh, mungkin karena efek ada Mama, saya jadi malas masak, malas bangun pagi, menyapu rumah hanya sehari sekali dan bersifat seadanya, rasanya hanya ingin bersantai.. padahal sebelumnya pada saat ada mertua dirumah, saya tetap masak, bersih2, dan melakukan kegiatan normal lainnya. Entahlah saya hanya berasumsi "efek manja karena ada mamahh". Sayangnya, efek itu berlanjut hingga mama pulang ke Surabaya seminggu kemudian. Dirumah saya tetap malas memasak -____-. Untungnya mama sudah menyiapkan beberapa masakan setengah jadi yang tinggal digoreng atau direbus, jadi saya hanya bangun saat setengah jam sebelum suami berangkat, sedangkan nasinya? masak dari malemnya :))
Saya berhenti menyediakan teh saat suami pulang kantor, tidak ada jajanan. Bahkan entah kenapa saya selalu ingin dibelikan nasi uduk ikan lele saat mas pulang kantor. Se - la - lu. Jadi selama seminggu makan malamnya nasi uduk ikan lele. hahahaha. Untung suami saya super sabar, bahkan cucian dia yg cuci. Ya Allah.. merasa durhaka, tapi memang keadaan saya waktu itu super "nyaman dikasur" dan terutama pusing. Lalu tibalah tanggal seharusnya saya menstruasi, namun 2 hari terlambat, akhirnya saya iseng test, yahhhh. 1 garis. oke, mungkin masih terlalu dini. Hari-hari saya lewati hingga telat 6 hari. test lagi dong, dan okeyyy... 1 garis. yak mungkin memang jadwal mens saya ga teratur selama ini, kadang maju kadang mundur. Lagipula ga ada tanda-tanda mual. Bisa jadi mudah pusing yg saya alami karena tekanan darah saya lagi rendah. huhuhuhu.
Akhirnya karena esoknya sudah masuk kuliah, saya harus pulang ke Surabaya lagi, meninggalkan rumah dan suami di Bogor dalam keadaan galau..
Hari-hari saya lewati tanpa ada prasangka apapun. Saya juga tidak mau testpack karena mindset saya mungkin cuma telat mens biasa.
Perlu diketahui di awal, saya memang ga berencana menunda kehamilan, tapi juga tidak ikut promil (program untuk merencanakan kehamilan), secara saya juga Long Distance Marriage, jadi ya tergantung rezeki yang diberikan Allah..
Hingga akhirnya pada saat telat 13 hari, saya benar-benar ga tahan, cek di google pada serem, takut ada kista atau hamil anggur. Akhirnya paginya saat hari ke 14 saya testpack (beli yg langsung dipipisi supaya ga perlu liat tandanya dulu). Degdeg juga sih, dan.... ga sampe 15 detik keluar garisnya..
1 garis tebal dan 1 garis samar. Huaa langsung kabarin ke mama dan papa.. lalu foto ke suami. Kalau dilihat di petunjuk penggunaan, jika ada garis samar, 98% positif hanya saja kadar HcG masih rendah. Jadi saya test lagi 3 hari kemudian.. Alhamdulillah.. 2 garis tebal :")
Masya Allah.. memang sih sedih waktu itu ga ada suami disamping, kalo ada pasti pingin peluk-peluk. Alhamdulillah.. rasanya bahagia sekali.. bagaimanapun, ini adalah amanah dari Allah SWT.
Saat tes USG pertama ke dokter, sudah ada kantong janin tapi belum ada janin, dan saya sih dengan PD nya nanya "kok saya ga mual ya dok? apa normal?" dokter bilang sih tiap ibu beda-beda..
ehh setelah nanya gitu, 2 minggu kemudian saya mual-mual dan.... muntah -___-
keadaan lebih parah sampai menginjak minggu ke 10 saya kontrol ke dokter, tanya juga apa wajar mual muntah parah, apa ga menimbulkan kontraksi, dokter bilang wajar.. tiap ibu beda2 (lagi).. dan memang, di USG awal si dedek aktif sekalii, tangan kakinya mancal2 kegirangan, hehehe. eh pas divideo opanya, dianya diem cuman lambai tangan aja.. hehehe.
Bismillah semoga kontrol selanjutnya sama suami biar suami bisa lihat langsung gerakan si dedek yang kata dokter super aktif dan sehat. aamiin. Kalo abis liat video USG, pasti deh yg biasanya abis muntah nangis, jadi senyum lagi sambil elus2 perut :")
Alhamdulillah dedek sudah 12 minggu sekarang.. kata orang sih 3 bulan. Tapi masih manja, masih buat mamanya mual, tapi udah jauh lebih berkurang dari minggu-minggu sebelumnya.
For me, it's a beautiful gift from Allah SWT. Sekarang, jujur cara pandang saya sedikit berubah. sebelumnya melihat orang hamil adalah hal yang wajar, sekarang melihat orang hamil saya langsung tersenyum, sebelumnya memandang orang hamil butuh kursi saat di busway, sekarang rasanya pingin bawain kasur buat mereka, ngeliat orang melahirkan dan upload foto bayinya di socmed cuman ngucapin "selamat,xxxx semoga menjadi anak yg sholeh", sekarang ngerasa terharu dan pingin nangis. My sweetheart, tetep di kandungan mama ya sampai saatnya tiba.. Sehatlah terus dan berkembanglah dengan sempurna, kelak kan kuberi kau ilmu berupa Agama. Dari situ, aku yakin kau bisa mengembangkannya hingga nantinya kau akan menjadi anak yang sholeh/sholiha serta cerdas.


I love you so much, anakku.. 
bahkan dari sebelum mama mengenal papamu..

No comments: